Anuma – Artemisia annua L.

Deskripsi          : Herba atau terna semusim, tinggi 30-100 cm. Batang tegak berbulu, berbentuk bulat persegi, dengan garis longitudinal dan berwarna hijau kecokelatan, sedangkan pada bagian bawah berwarna putih dan berambut. Daun majemuk, berbentuk oval, berwarna ungu kehijauan, atau berwarna hijau. Bunga mejemuk tak terbatas, bertipe tandan, terletak di ujung batang, dengan panjang mencapai 30 cm,. Buah bertipe achenes, biji pada tanaman ini berbentuk lanset, berukuran kecil, dan berwarna coklat. Akar berupa akar serabut, dan berwarna putih kekuningan.

Daun : Antimalaria

Pemakaian : Siapkan daun segar sebanyak 60 gram, dicuci direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama l 0 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Perhatian :

– Penggunaan jangka panjang dan berulang dapat menimbulkan kurangnya kemampuan mendengar, dan perubahan saraf/neurologikal.
– Artesunat dan artemeter tidak diberikan pada kehamilan trimester 1 karena kontraindikasi.
– Penggunaan artemisinin dan derivatnya kepada anak-anak perlu di perhartikan dalam perhitungan dosisnya, karena efeknya sebagai antiparasit memungkinkan terganggunya floranormal karena masih rentan, dan perlu diwaspadai penggunaan jangka panjang.