Daun dewa – Gynura segetum (Lour.) Merr.

daun dewaDeskripsi                :  Tanaman semak dengan tinggi berkisar 10-25 cm. Batang lunak, bulat, berambut halus, dan berwarna ungu kehijauan. Daun tunggal, bulat telur, tepi bertoreh, pangkal meruncing. Perbungaan majemuk bentuk bongkol, kelopak hijau berbentuk cawan. Buah kecil, warna coklat.  Biji berbentuk jarum dan berwarna coklat. Akar serabut berwarna kuning muda.

Daun : Antihipertensi, mengobati kencing manis

Pemakaian : untuk kencing manis secara tradisional dengan cara: daun dewa 5 helai; Air 110 ml, Diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml.

Perhatian :

– Kelangsungan hidup sel kanker juga dapat ditekan melalui penghambatan angiogenesis oleh flavonoid. maka terapi kanker dengan menggunakan Sambung Nyawa tidak diperkenankan untuk ibu hamil. Selama proses kehamilan terjadi pembentukan pembuluh-pembuluh darah baru untuk mensuplai kebutuhan janin akan nutrisi dan oksigen. Apabila angiogenesis dihambat, janin akan mengalami kematian karena tidak mendapat suplai nutrisi dan oksigen.
– Belum didapatkan yang mencukupi penggunaannya pada ibu menyusui, dan anak-anak, karena belum didapatkan data yang mencukupi tentang efeknya terhadap bayi.