Daun duduk – Desmodium triquetrum (L.) DC

daun dudukDeskripsi               :Tanaman semak dengan tinggi berkisar 3 meter. Batang berkayu, bulat, beruas, dan berwarna coklat. Daun tunggal, bulat lanset, tersusun berseling, memiliki daun penumpu. Perbungaan majemuk bentuk malai, mahkota berbentuk kupu-kupu, berwarna keunguan. Buah polong, warna hijau saat muda, coklat saat tua.  Biji berbentuk ginjal dan berwarna coklat muda. Akar tunggang berwarna coklat muda.

Daun : Mengobati wasir, disentri

Pemakaian : Untuk disentri, mbil herba daun duduk segar sebanyak 30 g, dicuci lalu digiling halus. Seduh dengan ¾ cangkir air panas, biarkan selama 15 menit. Tambahkan garam seujung sendok teh sambil diaduk. Peras dan saring. Hangat-hangat diminum sekaligus.

Perhatian :

– Tidak boleh digunakan untuk waktu lama, biasanya 1-2 minggu, karena berbahaya terhadap keseimbangan elektrolit karena khasiatnya sebagai diuretik.
– Sebaiknya tidak boleh digunakan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak usia 10 tahun kebawah, karena belum didapatkan data yang mencukupi tentang toksisitas, kontraindikasi, dan efeksamping, serta bahaya terhadap janin yang dikandung.