Iler – Coleus scutellarioides (L.) Benth.

Deskripsi          :     Tanaman semak dengan tinggi berkisar 1,5 meter. Batang lunak, bulat, dan berwarna ungu. Daun tunggal, bentuk bulat telur, tersusun bersilang berhadapan. Perbungaan majemuk, bentuk tandan, berumah satu, mahkota berbentuk bibir dengan warna keputih-putihan. Buah kotak, berbentuk bulat, berwarna coklat ketika tua.  Biji kecil, pipih dan berwarna hitam. Akar tunggang berwarna kuning keputih-putihan.

Daun : Obat batuk, wasir, dan bisul

Pemakaian : Untuk obat batuk, siapkan mayana merah ditambahkan dengan kuning padi (kunyit kuning) keduanya ditumbuk lalu ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, kemudian dibungkus daun kunyit dan dipanaskan, setelah itu diperas airnya, minum.

Perhatian :

– Jika memiliki tekanan darah tinggi atau sedang dalam kondisi dibawah pengaruh obat-obatan yang lain maka dianjurkan pengobatan harus di bawah oleh tenaga medis profesional
– Coleus tidak dianjurkan pada wanita hamil atau menyusui, dan juga pada anak-anak, karena kurangnya bukti ilmiah yang tersedia. Tidak diketahui apakah Coleus diekskresikan dalam ASI.