Jarak kepyar – Ricinus communis L.

 

Picture1Deskripsi         : Tanaman setahun (anual) dengan batang bulat licin, berongga, berbuku-buku, berwarna hijau bersemburat merah tengguli. Daun tunggal, tumbuh berseling, bangun daun bulat, warna daun permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda (ada varietas yang berwarna merah). Bunga majemuk, berwarna kuning oranye, berkelamin satu. Buahnya berduri lunak, berwarna hijau muda dengan rambut merah, setelah tua akan berwarna hitam.

Daun, biji     : Mengobati bengkak (daun), koreng (biji)

Kegunaan  : Untuk mengatasi hipertensi, peningkatan vasodilatasi peripheral dan menghambat pembekuan darah

Pemakaian      : Daun dikukus matang, dibungkus ditempat yang sakit (bengkak). Untuk koreng, siapkan 20 biji jarak dibuang kulitnya, dilumatkan menjadi berbentuk bubur, ditambah sedikit garam dan diaduk rata. Tempelkan di tempat sakit sehari 2x.

 Perhatian :

  • Oleum Ricini sebagai pencahar memiliki kontraindikasi pada kehamilan sebelum 40 minggu kehamilan, karena potensi induksi persalinan.
  • Oleum Ricini memiliki kontraindikasi pada ibu menyusui. Asam risinoleat diserap ke dalam aliran darah dan diekskresikan ke dalam ASI. Pada bayi yang menyusui memiliki efek purgative
  • Oleum Ricini tidak boleh digunakan pada anak usia dibawah 12 tahun