Lempuyang emprit – Zingiber americans Roxb.

 

Picture1Deskripsi         : Semak, semusim, tumbuh tegak, dengan tinggi lk 75 cm, batang semu, (penyatuan pelepah daun), rimpang di dalam tanah (modifikasi batang).Daun tunggal, berbentuk lanset, pelepah daun bagian bawah berwarna merah, sedangkan pada bagian atas berwarna hijau. Bunga majemuk, berbentuk tandan, dengan daun pelindung yang berada di ujung melengkung. Buah kotak, berbentuk bulat telur, dan berwarna merah, biji berbentuk bulat panjang, dan berwarna coklat. Akar serabut, dan berwarna putih.

Rimpang : Untuk menambah nafsu makan

Kegunaan  :

  • Menambah nafsu makan, mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan, sebagai obat bengkak, obat batuk rejan, influenza, kolera, rematik, dan obat alergi udang dan ikan laut

Pemakaian : Rimpang lempuyang pahit sebanyak 150 g dicuci hingga bersih. Kemudian parut hingga halus. Rebuslah parutan ini dengan 2500 cc air hingga airnya tinggal separuh. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambah gula merah 50 g. Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Air ini diminum 3 kali sehari cukup 1 sendok makan.