Pule pandak – Rauwolfia serpentin Benth. ex. Kurz.

 

Picture1Deskripsi               :Tanaman semak dengan tinggi berkisar 25-80 meter. Batang berkayu, bulat, bercabang, permukaan kasar, warna putih kotor. Daun tunggal, tersusun berseling, bentuk bulat telur. Perbungaan majemuk, bentuk payung, mahkota berwarna merah. Buah batu, bentuk bulat telur, masih muda hijau, setelah tua hitam. Biji bulat pipih warna putih. Akar tunggang berwarna coklat.

Akar : Mengobati hipertensi esensial ringan

Pemakaian : Serbuk, 200 mg sehari dalam dosis terbagi selama 1-3 minggu, pemeliharaan 50-300 mg setiap hari. Dosis persiapan lainnya harus dihitung sesuai. Dosis Radix Rauwolfiae harus didasarkan pada dosis yang dianjurkan alkaloid rauwolfia, yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan toleransi sedikit demi sedikit dengan interval setidaknya 10 hari. Pasien geriatri mungkin memerlukan dosis yang lebih rendah dari alkaloid rauwolfia dibandingkan orang dewasa lainnya. Alkaloid Rauwolfia dapat diberikan secara oral dalam satu dosis harian atau dibagi menjadi dua dosis harian.

Kegunaan  :

  • Sebagai obat penenang untuk gangguan saraf dan mental.

 Perhatian :

  • Peningkatan sekresi pernapasan, hidung tersumbat, sianosis, hipotermia, dan anoreksia terjadi pada neonatus dari ibu yang diobati dengan Radix Rauwolfiae, oleh karena itu, penggunaan Radix Rauwolfiae tidak dianjurkan selama kehamilan.
  • Alkaloid Rauwolfia diekskresikan dalam air susu manusia. Karena potensi
    efek samping serius pada bayi menyusui, penggunaan Radix Rauwolfiae selama
    laktasi tidak dianjurkan
  • Keamanan dan efektivitas pada anak-anak belum ditetapkan.