Timi – Thymus vulgaris L.

 

Picture1Deskripsi          : Herba, tinggi 25-50 cm, memiliki bau aromatik yang khas, batang berbentuk segi empat, Batang tanaman ini berkayu bulat, bercabang banyak, berwarna coklat, serta percabangannya simpodial. Daun tunggal, berhadapan, berbentuk bulat telur, dan berwarna hijau. Bunga berbentuk tabung, dan berwarna putih. Buah bertipe caryopsis, kecil, dan berwarna cokelat tua.

Herba segar : Untuk obat batuk

Kegunaan  :

Mengatasi dyspepsia, gangguan saluran pencernaan lainnya, batuk, bronkhitis, pertussis, laringitis dan pembesaran tonsil (biasanya dalam bentuk obat kumur)

Pemakaian : Sapkan  15 gram herba segar Thymus vulgaris , direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, diperas dan di saring, hasil saringan ditambah 2 sendok makan madu, diminum sehari 2 kali sama banyak pagi dan sore.

Perhatian :

Penderita yang sensitif terhadap tanaman dari suku Lamiaceae (Labiatae) harus berkonsultasi dengan ahlinya sebelum memakai sediaan dari timi. Penderita yang sensitif terhadap polen dan seledri juga mempunyai reaksi kepekaan yang tinggi terhadap timi.