Kelas Online Pertemuan Ke-11

      No Comments on Kelas Online Pertemuan Ke-11

Sel Dendritik merupakan sel dengan struktur yang bercabang-cabang seperti pohon. Sel dendritik dapat mudah dikenali dengan ciri khasnya ketika dalam keadaan yang mature atau sudah dewasa terdapat prosesus atau juluran sitoplasma yang banyak dan bercabang-cabang sehingga menyerupai cabang-cabang pada pohon.

Sel dendritik yang ada pada tubuh kita dapat dijumpai atau ditemukan tidak hanya di satu tempat, melainkan di banyak tempat. Yang pertama dapat dijumpai di jaringan atau di organ limfoid seperti contoh pada nodus limfaticus, limpa/spleen, di thymus. Selanjutnya sel dendritik juga dapat dijumpai di dalam darah. Dalam darah sendiri terdapat 2 jenis, yaitu cDC (conventional DC). Kemudian sel dendritik juga dapat dijumpai di sel kulit yang biasa disebut dengan sel langerhans. Dan yang terakhir terdapat pada intestine atau saluran pencernaan lebih tepatnya pada lamina propria , terutama di Peyer’s patch.

Informasi selengkapnya terkait materi “Sel Dendritik dan pemanfaatannya untuk imunitas” dapat diakses pada link berikut:

PPT Materi Kelas Online Pertemuan Ke-11 : https://drive.google.com/file/d/1-3ORCNnF0UaZrJZoP79Cpek0JZoUfFbv/view?usp=sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published.