Cengkeh – Syzygium aromaticum(L.) Merr & L.M.Perry

Picture1

Deskripsi          : Perdu, batang pohon besar dan berkayu keras, saat masih muda berwarna hijau, apabila sudah tua berwarna tua keunguan. Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan. Pada saat masih muda bunga berwarna keungu-unguan, kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Bunga majemuk, malai, tumbuh di ujung batang, kelopak berbentuk corong dengan pangkal berlekatan. Buah buni, berbentuk bulat telur. Panjang berkisar antara 2-2,6 cm, berwarna merah kehitaman. Biji berukuran kecil, diameter lk 4 mm, dan berwarna merah muda. Akar tunggang berwarna cokelat.

Bunga : Menghitamkan alis

Kegunaan  :

Mengatasi gangguan pencernaan, ekspektoran/peluruh dahak, kembung, mual, muntah, diare. untuk sakit gigi, mengurangi iritasi  pada  kulit, untuk radang pada mulut dan tenggorokan

Pemakaian : Siapkan 5-7 biji bunga cengkeh kering dan minyak kemiri, kemudian bunga cengkeh dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Cara menggunakan: dioleskan pada alis mata setiap sore hari.