Daun encok – Plumbago zeylanica L.

 

Picture1Deskripsi         : Perdu, batang berkayu, berbentuk bulat, permukaan licin dan beralur, percabangan monopodial. Dau tunggal, terletak berseling, berbentuk bulat  telur. Bunga majemuk. Buah berbentuk bulat panjang, kecil, serta berwarna hijau ketika buah masih muda, dan berwarna hitam, ketika buah telah tua.

Daun : Mengobati rematik, sakit kepala

Kegunaan  :

  • Rematik sendi, memar (lebam), keseleo, nyeri lambung, kurap, kanker dan kanker darah

Pemakaian      : Untuk rematik, siapkan segenggam daun segar, dicuci lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan sepetri bubur. Gunakan untuk melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk sakit kepala, siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa sampai menjadi adonan seperti bubur. Letakkan dipelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal. Cukup 30 menit supaya tidak melepuh.

  Perhatian :

  • Bila timbul keracunan pada kulit, cuci dengan asam borat. Plumbaginis Folium hanya digunakan untuk pemakaian luar, dan dibatasi salama ½ jam. Terlalu lama dapat menyebabkan melepuh seperti luka bakar.
  • Perempuan hamil dilarang menggunakannya, karena pada uji preklinik sari akar daun encok dalam alkohol 50% dengan dosis 100 mg/kg bb dan 150 mg.kg bb yang diberikan secara oral, mempunyai efek ANTIFERTILITAS DAN ABORTIVUM.
  • Belum didapatkan data yang mencukupi untuk penggunaannya pada ibu menyusui, dan tidak dianjurkan pemakaiannya.
  • Tidak boleh digunakan pada anak-anak, karena kandungannya yang SANGAT BERACUN, meskipun untuk penggunaan luar.