Jambe / Pinang – Areca catechu L.

Deskripsi         : Semak tahunan, tinggi lk 20 cm, batang semu yang pendek, batang sesungguhnya membentuk rimpang, dan berwarna coklat keputih-putihan. Daun tunggal, berbentuk lonjong, dan berwarna hijau. Bunga tunggal, berbentuk terompet. Akar serabut dan berwarna coklat kekuningan.

Simplisia : Mengobati rematik/encok, antihipertensi

Pemakaian :

Untuk penyakit Rematik/ Encok, simplisia kering diambil secukupnya kemudian direbus dan diseduh. Air seduhan diminum 2 kali sehari sampai sembuh

Untuk hipertensi, simplisia segar/ kering diambil secukupnya kemudian direbus dan diseduh. Air seduhan diminum 2 kali sehari selama 3-4 hari.

Perhatian :

– Mengunyah biji pinang secara berlebihan dapat menyebabkan mual, muntah, diare, kram perut, dan kejang. Berdasarkan Suatu penelitian di Bangladesh, pinang juga dapat menyebabkan kejadian tremor secara klinik.
– Pinang bersifat toksik pada masa kehamilan karena memiliki aktivitas sitotoksis dan genotoksik. Resiko bayi yang akan lahir akan terpajan efek dari Areca catechu, perubahan warna merah kecoklatan dari mukosa mulut dan lidah.