Lada – Piper nigrum L

Picture1

Deskripsi          : Herba tahunan yang memanjat. Batangnya bulat, beruas-ruas, bercabang dan memiliki akar pelekat, berwarna hijau kotor. Daun tunggal, bulat telur, tersebar atau berseling dan berwarna hijau. Bunga majemuk. berbentuk bulir, menggantung, dan berwarna putih dan hijau. Buah buni, berbentuk bulat, berwarna hijau (muda), dan berwarna merah (tua). Biji berbentuk bulat berwarna putih kehitaman. Akar tunggang berwarna ptuih kotor.

Buah       : Mengobati kaki bengkak (pada wanita hamil)

Pemakaian      : Siapkan buah lada hitam 10 butir, rimpang lmpuyang emprit segar 1 jari, daun sirih segar 2 helai, arak   sedikit, kemudian dipipis hingga halus dan ditambah sedikit arak, dan dibalurkan pada kaki pada waktu malam sebelum tidur, lama pengobatan diulang sampai sembuh.

Kegunaan  :

  • Stimulan sistem saraf pusat, analgesik, antipiretik, antiinflamasi, antioksidan, dan antijamur; sakit perut, kembung, dan gangguan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, batuk, pilek, pernafasan.

  Perhatian :

  •  Beberapa bukti sains menunjukkan bahwa Piper nigrum tidak direkomendasikan untuk digunakan pada Ibu hamil dalam jumlah yang lebih besar dari kadar yang ditemukan dalam makanan. Penggunaan Piper nigrum dalam jumlah yang banyak pada ibu hamil dapat memicu KEGUGURAN.
  • Penggunaan dalam jumlah banyak dapat secara tidak disengaja masuk ke paru-paru dan dapat menyebabkan KEMATIAN dimana hal ini pada umumnya terjadi pada anak-anak.